GANGGUAN TIDUR

Gangguan tidur bisa terjadi pada siapa saja dengan tidak memandang usia dan status sosial. Ada banyak jenis gangguan tidur  dan yang paling sering adalah insomnia.


Insomnia adalah kesulitan dalam memulai tidur, atau kesulitan dalam mempertahankan tidur, atau pula merasa jumlah jam tidur normal tetapi selalu merasa tidur tidak pulas. Gangguan tidur ini disebut sebagai insomnia primer atau juga disebut gangguan insomnia

Insomnia sering kali disertai gangguan perasaan berupa mudah sedih, murung, mudah emosi, dan kecemasan berlebihan. Pada kebanyakan pasien juga merasakan perasaan tidak bahagia, malas, tidak bisa konsentrasi, dan tidak ada gairah hidup. Keadaan ini sering disebut dengan nama MDD (Major Depression Disorder).

Insomnia bisa muncul bersamaan dengan gejala-gejala fisik. Gejala fisik tersebut bisa berupa sakit maag yang tidak kunjung sembuh, jantung berdebar, dan sesak napas. Walaupun ada keluhan-keluhan tersebut, pada pemeriksaan oleh kebanyakan dokter menunjukkan tidak ada kelainan yang berarti secara fisik, laboratorium, dan  pemeriksaan penunjang lainnya (EKG, EEG, CT-Scan, MRI, endoskopi, dan lainnya). Gangguan ini disebut gangguan psikosomatik.


Mengobati insomnia tidak sesederhana dengan mengkonsumsi pil tidur. Penggunaan pil tidur penenang yang terus-menerus akan menyebabkan ketergantungan obat yang ditandai dengan peningkatan jumlah dosis obat  tersebut dari waktu ke waktu. Penanganan terbaik adalah dengan pengobatan yang memperbaiki pola tidur itu sendiri.


Klinik Famro menggunakan beberapa metode untuk memperbaiki pola tidur, baik itu menggunakan obat-obatan maupun dengan penggunaan metode non farmakologis.


Apabila anda mengalami insomnia  konsultasikan gangguan tidur anda. Buatlah janji konsultasi atau sekedar mendapatkan informasi dari kami lewat pesan atau berbicara  di telepon.

IMG_3038.JPG

KLINIK FAMRO