GANGGUAN CEMAS

Cemas atau ansietas (anxiety) adalah perasaan gugup atau gelisah. Gangguan perasaan ini perasaan seringkali disertai dengan jantung berdebar, napas agak berat dan berkeringat lebih banyak termasuk telapak tangan dan kaki.

Keringatan di telapak tangan sering kali dikaitan dengan gejala penyakit jantung, itu dikarenakan pada keadaan cemas keringatan dan jantung berdebar adalah gejala yang sering muncul bersamaan. Keringatan di telapak tangan tidak menunjukkan gejala penyakit jantung, tetapi lebih menunjukkan adanya gangguan cemas.

 

Cemas sebenarnya adalah hal normal. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu yang membuat tertekan, misalnya menunggu sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, sebelum naik pesawat, dan saat harus mengambil keputusan penting.

 

Rasa cemas merupakan reaksi normal tubuh terhadap tekanan atau stres, yang sebenarnya secara alami bertujuan untuk membuat seorang individu menjadi lebih waspada terhadap lingkungan sekitar.

 

Namun ada saat dimana rasa cemas muncul secara berlebihan, sulit diatasi walaupun sebenarnya penyebabnya adalah hal yang biasa. Misalnya tinggal sendirian di rumah, menunggu nama dipanggil dan hal-hal sepele lainnya. Keadaan ini disebut sebagai gangguan cemas apabila sudah mengganggu kehidupan sehari-hari.

 

Gangguan cemas ada berbagai macam, antara lain khawatir berlebihan sepanjang hari tanpa mengetahui apa yang dicemaskan (Generalized anxiety disorder), ketakutan berlebihan sampai merasakan akan meninggal (panic disorder), dan pikiran cemas berulang-ulang dan tidak bisa dihilangkan (obsesive compulsive disorder).

 

Gangguan cemas adalah gangguan ringan yang dapat diobati sehingga individu dapat menjalani kehidupannya dengan baik.

IMG_3038.JPG

KLINIK FAMRO